Menahan Geliat Miras di Dunia Maya

Syukurlah, hal yang saya takutkan tidak terjadi pada tahun ini. Bulan Februari tahun lalu, minuman keras (miras) beriklan di dunia maya! Panel sisi kanan facebook gencar mempromosikannya dalam beberapa bentuk, salah satunya bertema valentine. Sepanjang hari iklan-iklan itu muncul berkali-kali. Blog coba dijamahnya pula. Bayaran untuk setiap kliknya sungguh menggiurkan. Jauh di atas yang biasanya diberikan produsen lain.

Saat itu saya coba mengingatkan beberapa orang. Tak terduga ada yang menganggap saya berlebihan atau “menghalangi rezeki orang lain”. Padahal yang saya lakukan semata-mata karena kegelisahan sebagai muslim. Miras itu haram, tak ada tawar-menawar. Sebuah hadits menyebutkan:

“Rasulullah SAW melaknat tentang arak, 10 golongan: yang memeras, yang minta diperaskan, yang meminumnya, yang membawanya, yang minta diantarkan, yang menuangkan, yang menjual, yang makan harganya, yang membeli, yang minta dibelikan.” (HR Tarmizi &  Ibnu Majah)


Sumber: wahdahmakassar.org
Dampak Buruk Miras

Masih jelas dalam ingatan kecelakaan maut tugu Tani, Januari 2012. Mobil yang dikendarai Afriyani Susanti menabrak 12 pejalan kaki. 9 orang tewas. "Hasil tesnya positif dia pakai ekstasi dan minum-minuman keras. Tapi penyebab kecelakaan lebih kuat karena minuman keras, soalnya dikonsumsi dari jam 2 sampai 10 pagi," ujar Ditserse Narkoba Polda Metro Jaya.

Di seluruh Indonesia kecelakaan dan kejahatan akibat miras amat mengkhawatirkan. Coba saja browsing di internet dengan kata kunci “kejahatan miras” atau “kecelakaan akibat miras”, pasti banyak informasi kejadian mengenaskan yang membuat bergidik.

Miras mengandung zat adiktif: obat & bahan-bahan aktif yang dapat menyebabkan kerja biologi dan menimbulkan ketergantungan yang sulit dihentikan. Berefek ingin menggunakannya terus-menerus. Jika dihentikan dapat memberi efek lelah atau rasa sakit luar biasa.

Ada efek menenangkan yang semu dan hipnosis ditimbulkannya. Mengkonsumsinya secara berlebihan dalam waktu singkat dapat menyebabkan mabuk. Efek sampingnya adalah gangguan mental organik (GMO), akibat reaksi langsung alkohol pada sel-sel saraf pusat.

Penderita GMO mengalami perubahan perilaku: disorientasi, bingung, lupa, agresif, ingin berkelahi,  tidak mampu menilai realitas, terganggu fungsi sosialnya, mudah tersinggung, bicara ngawur, kehilangan konsentrasi, hingga melakukan tingkah laku seksual yang tidak aman. Perubahan fisiologis juga terjadi, seperti cara berjalan yang tidak mantap, muka merah, atau mata juling.

Sumber: flickr.com
Kerusakan organ tubuh
90% alkohol yang dikonsumsi dinetralisasi di hati. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa separuh dari kasus-kasus sirosis dan hepatitis (penyakit hati kronis dan berat) disebabkan oleh alkohol. Alkohol bisa menyebabkan muntah dan berak darah. Berak darah ini disebabkan oleh robeknya lapisan selaput lendir yang terdapat pada persambungan antara lambung dan kerongkongan. Alkohol dapat pula menyebabkan penekanan kerja otot-otot jantung.

Kurang darah & vitamin
Alkohol dapat menyebabkan radang lambung hingga pengikisan dinding lambung yang menyebabkan pendarahan. Pendarahan dapat menimbulkan anemia. Usus pun dapat dilukai sehingga penyerapan asam folat dan berbagai vitamin terganggu, khususnya vitamin B1. Akibat langsungnya adalah anemia dan kelainan saraf. Kondisi lebih buruknya, dapat menimbulkan sindroma Wenicke-Korsakof. Ditandai dengan kelumpuhan otot mata, perubahan mental, dan kelemahan fungsi ingatan (amnesia).

Kanker
Konsumsi miras dalam waktu lama meningkatkan resiko terjadinya kanker mulut, kanker saluran pencernaan, dan kanker hati.

Sumber-sumber lain menyebutkan dampak miras: gangguan pada pankreas, tulang, gangguan metabolisme tubuh, menurunnya daya tahan tubuh, mencacatkan janin, infertilitas, osteoporosis, dan gangguan seks.

Pengaruh Iklan

Sangat disayangkan adanya pihak yang menggolkan iklan miras di internet setelah penghentian pemberlakuan 9 perda miras di beberapa daerah oleh Mendagri Gamawan Fauzi tahun lalu, mengingat iklan sangat mempengaruhi pola pikir orang. Hal ini bisa membuat jangkauan peredaran miras semakin luas.

Iklan dapat mempengaruhi sikap konsumen terhadap merek tertentu. Pengaruhnya bervariasi, mulai dari mendorong orang mencari produk yang dimaksud sampai mendorong orang yang sebelumnya tidak loyal menjadi loyal. Sangat berbahaya jika yang diiklankan itu produk yang mendatangkan keburukan seperti miras.

Sebuah survei yang diadakan oleh SurveyOne menunjukkan adanya pengaruh iklan terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk. 37,6% responden menyatakan, pengaruh iklan dalam perilaku pembelian adalah besar dan sangat besar. Berdasarkan umur responden, anak muda gampang terpengaruh iklan. Semakin tua umurnya, semakin kecil pengaruh iklan terhadap keputusannya dalam membeli merek/produk.

**

Mari berdo’a agar tak ada lagi pihak yang memasukkan iklan miras di internet dalam bentuk apapun mengingat internet sekarang ini amat mudah diakses oleh remaja kita. Peran pemerintah sangat diharapkan dalam hal ini.

Makassar, 3 Mei 2013

Tulisan ini diikutkan Lomba Blog AntiMiras

Referensi:
  • Widharto, dr. 2007. Stop Mirasantika. Jakarta: PT. Sunda Kelapa Pustaka.
  • Arti Definisi/Pengertian Zat Adiktif, Jenis/Macam & Dampak/Efek - Ketergantungan Pada Organisme Hidup, http://organisasi.org/arti-definisi-pengertian-zat-adiktif-jenis-macam-dampak-efek-ketergantungan-pada-organisme-hidup
  • Faktor & Dampak Penyakit Yang Merusak Organ Hati Manusia Serta Pencegahan Sirosis Dan Hepatitis, http://organisasi.org/faktor-dampak-penyakit-yang-merusak-organ-hati-manusia-serta-pencegahan-sirosis-dan-hepatitis
  • Dampak Buruk Miras Bagi Kesehatan, http://www.beritasatu.com/features/26242-dampak-buruk-miras-bagi-kesehatan.html
  • Akibat Minuman Keras Terhadap kesehatan, http://www.arrofi.com/kesehatan/akibat-minuman-keras-terhadap-kesehatan
  • Definisi “Minuman Beralkohol” pada http://id.wikipedia.org/wiki/Minuman_beralkohol
  • Malam Sebelum Kecelakaan Maut Itu Terjadi,    http://megapolitan.kompas.com/read/2012/01/24/05025626/Malam.Sebelum.Kecelakaan.Maut.Itu.Terjadi
  • Polda Siapkan Operasi Khusus Cegah Kejahatan dan Miras, http://www.harian-komentar.com/hukum/3747-polda-siapkan-operasi-khusus-cegah-kejahatan-dan-miras.html
  • Cegah Kejahatan, Polisi Sita Miras, Ciduk Ratusan Preman, http://nasional.kompas.com/read/2013/01/03/14512481/Cegah.Kejahatan..Polisi.Sita.Miras..Ciduk.Ratusan.Preman
  • Cabut Aturan Miras, DPR Akan Panggil Mendagri, http://berita.liputan6.com/read/371577/cabut-aturan-miras-dpr-akan-panggil-mendagri
  • Surya Dharma Ali: Pencabutan Perda Miras Pesanan Pengusaha, http://www.voa-islam.com/news/indonesiana/2012/01/16/17413/suryadharma-ali-pencabutan-perda-miras-pesanan-pengusaha/
  • Pengaruh Iklan Terhadap Perilaku Pembelian (dalam bentuk file PDF), http://research.mercubuana.ac.id/proceeding/Artikel-4%20_pengaruh%20iklan_.pdf


Silakan juga disimak:








Share :

20 Komentar di "Menahan Geliat Miras di Dunia Maya"

  1. Mantap ning tulisannya... semgoa saja kita dan khususnya generasi muda kita benar2 bisa menghindar dari godaan miras.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadehh salah ketik... maksudnya tadi sih "mantap nih tulisannya" :D

      Delete
  2. terkadang sudah banyak korban yang terjadi gara2 miras tapi tetap saja masih banyak yang meminumnya, mungkin karena pergaulan juga ya mbak...

    ReplyDelete
  3. orang jawa bilang itu wolak waliking jaman
    orang mumet saja pengen sehat, ini yang sehat kepengen mumet :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibolak-balik gitu ya mas? Iya .. aneh ya. Padahal kan asyik kalo sehat terus.

      Delete
  4. mungkin karena miras bisa menambah pendapatan negara melalui cukai dan pajaknya..

    ReplyDelete
  5. aaamiin... semoga miras hengkang dari bumi tercinta :-)

    ReplyDelete
  6. Referensinya buanyaak :). Semoga RUU Anti Miras segera disahkan menjadi UU dan payung hukum ini benar2 ditegakkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ya mbak, mudah2an bisa menurunkan angka kejahatan dan kecelakaan :)

      Delete
  7. Kpn tu mba iklan mieas di blog.e kok malah kepo

    ReplyDelete
  8. emang ada gitu mba, iklan miras di blog dapet duit. waduh paraaah. semoga masyarakat makin sadar ya maba bahaya miras

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tempo hari itu ada mbak, cuma sebentar. Untungnya tahun ini tak ada lagi. Eh, atau saya yang tidak tahu ya ... ?
      Aamiin semoga :)

      Delete
  9. eh... aku gak sempat merhatiin iklan itu di facebook. Apa iklan di sisi bar seseorang beda2 ya yang muncul? tapi aku setuju bahwa miras memang harus ditertibkan.

    ReplyDelete
  10. Sahabat Komunitas Pejuang #AntiMiras

    Assalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh,

    Dalam berbagai kesempatan dialog, diskusi dan pertemuan lainnya, kita sepakat untuk menjadikan Gerakan Nasional Anti Miras adalah sebuah Gerakan Massal Masyarakat atas kesadaran terhadap bahaya latent yang diakibatkan oleh minuman beralkohol (minol) dan minuman keras (miras), khususnya bagi Anak dan Remaja di bawah 21 tahun;

    Sehubungan dengan itu, kita akan melaksanakan Traning for Trainers yg akan dipandu oleh teman2 dari @KomunitasSM dan @AntiMiras_ID , pada:

    Hari/Tgl : Sabtu-Minggu 6-7 Juli 2013
    Jam TFT : 08'00-17'00 wib
    Tempat : Rumah Damai Indonesia
    Jl H Saabun No20, Jatipadang, Margasatwa Pasar Minggu, Jakarta Selatan

    kiranya Sahabat dapat mengirimkan minimal 2 orang calon peserta, yang terlebih dahulu akan diseleksi dari data yang diisi calon peserta melalui formulir:

    http://www.mediafire.com/download/vb9pcdaiphf5p2k/FormPendaftaranTrainer.pdf

    Keikut-sertaan Sahabat dalam upaya2 Gerakan Nasional Anti Miras, InsyaALLAH akan meningkatkan kesadaran semua stake holder terhadap bahaya minol dan miras, khususnya Pemerintah dalam mengendalikan penjualannya.

    Training for Trainers Pejuang #AntiMiras - bhadiah HP Android Samsung Galaxy CHAT http://chirpstory.com/li/93088

    #BlogPost Training for Trainers Pejuang #AntiMiras

    http://antimiras.com/2013/07/training-for-trainers-pejuang-antimiras/

    Salam Sehat #AntiMiras
    @fahiraidris

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^