Waspadai Israiliat

Judul buku: 
Petaka Umat Islam, Konspirasi Musuh Islam di Balik Kisah Irailiat
Penulis: Arif Maulana Akbar
Penerbit: Inti Medina
Tahun Terbit:  2009
Ukuran buku: 21 cm x 14 cm
Tebal: 104 halaman
ISBN:  978-979-072-001-5

Lafal isra’iliyyat adalah bentuk jamak dari isra’iliyyah, yakni bentuk kata yang dinisbatkan pada kata israil yang berasal dari bahasa Ibrani, isra berarti hamba dan il berarti Tuhan. Jadi israil artinya adalah hamba Tuhan. Dalam perspektif historis israil berkaitan erat dengan Nabi Ya’qub bin Ishaq a.s., yang memiliki keturunan berjumlah dua belas, kemudian disebut Bani Israil

Secara istilah, israiliat adalah kisah dan dongeng yang disusupkan dalam tafsir dan hadits yang asal riwayatnya disandarkan atau bersumber dari orang Yahudi, Nasrani dan lainnya atau cerita-cerita yang sengaja diselundupkan oleh musuh-musuh Islam ke dalam tafsir dan hadits, yang sama sekali tidak dijumpai dalam sumber-sumber yang sahih. Masuknya israiliat dalam tafsir tidak terlepas dari kondisi socio-cultural masyarakat Arab pada zaman jahiliah.

Adanya migrasi besar-besaran orang Yahudi pada tahun 70 M ke Jazirah Arab karena ancaman dari Romawi yang dipimpin Kaisar Titus menimbulkan kontak antara keduanya, ditambah lagi kondisi orang Arab sendiri yang sering melakukan perjalanan dagang ke Syam dan Yaman. Dan di Medinah sendiri banyak orang Yahudi yang bermukim di sana.

Keberadaan israiliat dalam tafsir banyak memberikan pengaruh buruk, sikap teliti yang diperlihatkan para sahabat dalam mentransfer israiliat tidak menjadi perhatian generasi sesudahnya sehingga banyak israiliat yang mengandung kufarat dan bertentangan dengan nash mewarnai kitab tafsir.

Penjelasan yang dimuat pada halaman 37 sudah menjelaskan mengenai apa yang hendak disampaikan oleh buku ini, yaitu agar umat Islam yang hidup di zaman sekarang mewaspadai penafsiran yang bersumber dari israiliat.

Ijtihad para ulama setelah zaman para sahabat Nabi ada  yang telah tercampur dengan israiliat karena ketika itu ada di antara mereka yang bertanya kepada Ahli Kitab (kaum Yahudi dan Nasrani) dalam menafsirkan ayat Al-Qur’an. Ini mereka lakukan lantaran sebagian masalah dalam Al-Qur’an memiliki persamaan dengan kitab suci mereka terutama tema-tema yang menyangkut umat-umat terdahulu. Penafsiran ini terus berkembang dan kadang-kadang melupakan bahwa kitab-kitab yang semula merupakan kitab-kitab samawi telah mengalami perubahan berkali-kali sehingga menjadi berbeda jauh dengan aslinya.

Walau beberapa pembahasan dalam buku ini berulang di berapa bagian, buku ini sangat layak menjadi referensi umat Islam dalam mewaspadai penafsiran yang berdasarkan pada kisah israiliat karena memuat sejarah perubahan kitab-kitab samawi selain Al-Qur’an, proses masuk dan berkembangnya israiliat dalam tafsir Al-Qur’an, dan pengaruh israiliat dalam penafsiran Al-Qur’an.

Penulis juga memaparkan dalil-dalil yang sehubungan dengan hal ini, contohnya adalah hadits-hadits berikut (halaman 7):

Sampaikanlah yang datang dariku walaupun satu ayat, dan ceritakan (apa yang kamu dengar) tentang Bani Israil yang hal itu tidak ada salahnya. Barangsiapa yang berdusta pad ayatku, siap-siaplah untuk menempati tempatnya di neraka. (HR. Bukhari)

Janganlah kalian percayai Ahli Kitab dan jangan pula kalian dustakan mereka. Berkatalah kalian, “Kami beriman kepada Allah dan apapun yang diturunkannya.” (HR. Bukhari).

Tafsir Al-Qur’an yang diwarnai israiliat kebanyakan tidak sejalan dengan ajaran Islam. Menariknya, penulis memaparkan contoh-contohnya di dalam buku ini. Buku yang ditulis oleh lulusan dari Fakultas Tarbiyah UIN Jakarta yang banyak terlibat dalam organisasi mahasiswa dan keagamaan semasa kuliahnya dulu ini layak dibaca oleh siapa pun yang ingin mempelajari Islam lebih dalam namun sayangnya bukunya sudah tak dijual lagi di toko buku.

Makassar, 24 Mei 2014


Tulisan ini diikutkan Indiva Reading Challenge


Share :

2 Komentar di "Waspadai Israiliat"

  1. justru perkara-perkara israiliyatlah yang seringkali membuat orang tertarik membaca tafsir karena dibumbui dengan aneka cerita kayak dongeng. Makanya kita harus berhati-hati dalam memilih tafsir yang kita baca, atau paling aman dengan ikut kajian tafsir secara langsung karena kita bisa tahu dengan jelas jenis-jenis cerita israilyat yang berpengaruh kurang baik itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Pak Pakies, benar. Menarik mengorek2 hal2 yang tidak penting yang berupa cerita2 dan kita harus hati2

      Delete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^