Menebar Kasih, Seperti Namanya

Awal mula ngeblog di http://mugniar.blogspot.com di kisaran 2006 - 2009, ngeblog bagi saya tak ubahnya sebagai tempat menyimpan tulisan saja. Blog lama itu jauh lebih ekslusif sifatnya daripada saya. Karena hanya saya saja yang mengaksesnya.

Ketika memulai kehidupan di blog http://mugniarm.blogspot.com ini, saya benar-benar menemukan hal-hal baru yang tidak pernah saya alami sebelumnya. Setelah seminggu bergabung dengan Id Blog Network (IBN), saya mengikuti Blogilicious Fun Makassar yang diadakan oleh IBN.

Beberapa waktu setelahnya, saya melihat beranda facebook ramai dengan kabar donasi dari para anggota IBN bagi sebuah madrasah aliyah di kabupaten Maros - Sulawesi Selatan yang terancam ditutup karena tak ada dana. Rupanya ide awalnya datang dari seorang blogger asal Maros bernama Rahmah – pemilik blog http://chemistrahmah.com. Saya pun meng-add akun facebooknya lalu mengirimi pesan inbox, mengajaknya berkenalan. Ia menyambutnya dengan baik dan kami pun terlibat perbincangan di wall Rahmah.


Pesan inbox pertama saya kepada Rahmah, dimulai 2 Juni 2011
Saya yang sedang semangat-semangat belajar menulis di beberapa grup, mengajak Rahmah untuk bergabung di grup IIDN Makassar yang anggotanya masih berjumlah belasan. Rahmah bersedia. Kami jadi makin sering berinteraksi.

Kopdar pertama IIDN Makassar, adalah kali pertama saya bertemu Rahmah. Saat bertemu itu baru saya ingat kalau saya sudah pernah melihatnya di acara Blogilicious. Ia duduk tak jauh dari tempat duduk saya. Rahmah benar-benar blogger yang sangat siap. Saat itu ia membawa laptop dan sebuah kamera. Saya pun masih ingat warna ungu jilbab yang dikenakannya ketika itu.

Saya terkesan dengan kesiapan Rahmah membantu siapa pun yang membutuhkan bantuan, selama ia sanggup melakukannya. Ia bahkan tak segan-segan menawarkan bantuan, tanpa perlu diminta. Hal yang tak semua orang bisa melakukannya. Salah satu contohnya, ia bersedia membuatkan blog bagi beberapa orang dan mengajari mereka menjadi blogger.

Kami bertemu kembali di acara Blogshop Kompasiana pada bulan Juli 2011. Rahmah datang terlambat. Dengan nafas yang masih tersengal-sengal, ia menceritakan penyebab keterlambatannya. Inilah satu cerita yang tak bisa saya lupakan, menunjukkan hati emas seorang Rahmah yang tak dimiliki banyak orang.

Rumah Rahmah jauh, di kota Maros - sekitar 30 kilometer dari pusat kota Makassar. Sebenarnya ia tidak akan terlambat jika tak bertemu dengan seorang turis yang kesasar. Sudah dekat sekali dengan tempat acara, kira-kira kurang dari dua kilometer, namun Rahmah bersedia mengantarkan turis itu ke tempat yang ditujunya yang berjarak lebih dari sepuluh kilometer dari tempat acara. Setelah urusan si turis selesai, Rahmah balik ke tempat acara. Tentu saja ia terlambat.

Allah langsung membalas kontan jerih payahnya dalam membantu turis nyasar itu. Rahmah mendapatkan ponsel, hadiah door prize dan beberapa hadiah lain. Subhanallah.

Interaksi kami terus berlanjut meskipun kami tak lagi bertemu secara fisik karena Rahmah diterima bekerja di Palangkaraya. Namun kami masih telepon-teleponan, berkirim-kiriman SMS dan pesan inbox di facebook, juga melalui twitter. Sekadar menyatakan kangen, curhat, ataupun mendiskusikan hal-hal lain.

Dunia blogging mendatangkan jodoh bagi Rahmah. Sayangnya waktu ia menikah dengan blogger asal Jawa Timur bernama Ronny, saya tak bisa datang karena kesehatan sedang drop. Kota Maros terlalu jauh untuk saya datangi dalam kondisi saat itu.

Interaksi kami di inbox facebook, pada April 2012
Percakapan kami tentang job review yang gagal, Rahmah membantu menanyakan
kepada admin ybs
Interaksi kami di inbox terus terjalin hingga kini. Rahmah pernah merekomendasikan saya kepada admin sebuah social media marketing di mana kami sama-sama bergabung. Admin tersebut sedang mencari blogger perempuan asal Makassar untuk sebuah job review. Kami mengkomunikasikannya via inbox, termasuk ketika saya gagal mendapatkan job review itu karena perusahaan yang memeriksa tulisan saya belum “mengembalikan” tulisan itu sementara batas waktunya sudah amat dekat. Tanpa saya minta, Rahmah menghubungi admin social media marketing itu dan menanyakan mengenai job review saya.

Akhir-akhir ini, saya suka bertanya padanya mengenai seluk-beluk dunia blogging. Rahmah sangat serius mempelajari dunia blogging. Saya jadi punya tempat untuk bertanya semisal tentang SEO, tanpa malu-malu kebodohan saya ketahuan olehnya. Rahmah selalu bersedia menjawabnya.

Saya merasa leluasa bertanya apa saja tentang dunia blogging kepada Rahmah
Tak terasa sudah 2 tahun persahabatan kami terjalin. Sungguh menyenangkan mengalami persahabatan dunia maya yang menyata. Mudah-mudahan bisa langgeng hingga akhir hayat.

Khusus buat Rahmah, tetaplah menebar kasih seperti namamu ya. Dan …. jaga kesehatan. Sedikit lagi dirimu akan memasuki usia kepala 3, usia yang di zaman ini rentan dengan berbagai ancaman masalah kesehatan. Terlebih lagi dirimu dan mas Ronny masih mengharap diberi momongan oleh Yang Maha Kuasa. Selalulah ingat bahwa kesehatan memegang peranan yang sangat besar dalam proses reproduksi manusia. Semoga ridha Allah bersamamu.

Makassar, 16 Juli 2013







Share :

35 Komentar di "Menebar Kasih, Seperti Namanya"

  1. Ya Rabb, merinding bulu kudukku' baca ini...
    Rinduka mau ketemu lagi tetapi jarak dan kesempatan masih belum diberikan olehNya
    Semoga bunda juga sehat di sana yah :D

    *peluk cium dari jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Moga sehat selalu ya, supaya bisa sesegera mungkin mudik :)

      *peluk cium juga*

      Delete
    2. Semoga Allah memberikan keberkahan bagi persahabatan kalian. Aku selalu terharu pada sebuah persahabatan yg tulus dan indah.

      Delete
    3. Aamiin. Terimakasih mbak Ade :)

      Delete
  2. wuih cantiknya hubungan pertemanan kalian,tapi saya yakin siapapun akan senang berteman dengan mbak Niar yang santun dan ramah. Semoga mbak Niar dan mbak Rahmah selalu diberikan rahmah dan hidayah oleh-Nya... Aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak selalu juga mas Insan. Ada saatnya saya tak bisa diterima semua orang. Aamiin, terimakasih do'anya yang manis

      Delete
  3. Rapi banget dokumen inboxnya subhanallah ya

    ReplyDelete
  4. semoga sukses. Ceritanya sangat runut dan menarik.

    ReplyDelete
  5. hal yang menyenangkan, ternyata ada dimana2 ya, di dunia nyata & maya, semua tergantung bagaimana menikmatinya :)

    ReplyDelete
  6. Tulisanya manis sekali Mbak Niar..

    Makasih udah ikutan GA kami yaa..:)

    ReplyDelete
  7. hwaaaa... Indahnya persahabatan antar blogger ya Mamaa. :)

    ReplyDelete
  8. Sesungguhnya ada banyak hal bisa kita dapat dari aktifitas Nge Blog ini ya Bu ...

    Senang sekali membaca pertemanan Ibu dengan Rahma ini

    This is also the beauty of Blogging

    Salam saya

    ReplyDelete
  9. Blogging juga membuat saya punya banyakk temen :)

    ReplyDelete
  10. Persahabatn yang nyata sekali. Salut deh mbak Niar.

    ReplyDelete
  11. dg ngeblog juga bs mendapatkan sahabat. Indanya ngeblog :)

    ReplyDelete
  12. Masya Allah baik bgd rahmah yah. menebar kebaikan diblas kebaikan olehNYA.

    wah sam abunda saya juga gaptek ttg blog. cuma mmg saya jarang bgd kumpul ngeblog buat ketemuan dkk. di Tegal rakyatnya sdikit antusiasny jg. tapi klo Makasar spt jAKARTA ramai, jadi selalu ada aja kegiatan ya.

    smoga persahabatan kalian pun menuai berkah semakin berkah lagi kalo menang. eh..
    sukses ya mb, jadi merindukan ketemu kalian :)

    ReplyDelete
  13. persahabatan yg indah dr jejak blogging. Benar bahwa jika friendship bisa berawal dr banyak cara, dan salah satu cara yg efektif adalah dr blogging.

    # Selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan, mohon maaf lahir dan batin

    ReplyDelete
  14. Aku jadi banyak menemukan banyaknya persahabatan yg indah di antara para blogger. Semoga menang ya...

    ReplyDelete
  15. karena pertemanan jadi mendapatkan job review ya

    ReplyDelete
  16. gara-gara ngeblog saya kenal sampean mbak.. yang jadi pertanyaan kapan ya bisa dolan ke Makassar?

    ReplyDelete
  17. Aktivitas ngeblog nya lumayan cukup lama juga yah,,, Semoga GA nya menang
    Nice blog

    ReplyDelete
  18. Blum ada yang gres nih mbak.. Patrol sahur lagi ah... sahuuur...sahuuur

    ReplyDelete
  19. Persahabatan itu memang indah. Berawal dari ngeBlog saja bisa sampai akrab sekali ya, Mba.Sudah seperti saudara. . :)

    ReplyDelete
  20. persahabatan yang manis ya mak.., bisa terjalin juga dari dunia maya

    ReplyDelete
  21. subhanallah, setelah menolong turis lalu mendapat rezeki dari ALLAH..ALLAH selalu menepati janji-NYA kepada setiap hamba-NYA..sungguh kisah Rahmah yang sangat inspiratif, selamat berlomba semoga menjadi salah satu yang terbaik..salam :-)_

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^