Menggeleng Itu Bahasa Universal?

Kalau Athifah dan Affiq dulu - waktu masih bayi seingat saya, saya ajarkan untuk menggeleng sebagai tanda ia atau saya tidak mengehendaki sesuatu, berbeda dengan Afyad. Afyad tak pernah saya ajarkan kode itu.

Hingga suatu ketika Afyad menggeleng untuk menyatakan ketidaksetujuannya. Bagi saya, ini suatu tanda bahwa otaknya mencerna dan membuat ia bereaksi dengan baik mengenai hal 'ketidaksetujuannya' itu. Saya pun berpikir bahwa menggeleng adalah 'bahasa universal' yang tidak perlu diajarkan. Sepertinya siapapun akan bereaksi seperti itu. 

Usia Afyad sudah dua tahun ketika si sulung Affiq memperdengarkan ucapan Ipin-Upin yang terkenal itu: "Atok Oh Atok" versi remix. Terus terang saya sebenarnya tidak suka dengan remix-remixan. Tapi ketika itu tahu-tahu saja ia memainkannya.


Tak saya sangka Afyad bereaksi. Ia menggeleng-gelengkan kepalanya! Duh, seperti sedang nonton sinetron yang ada adegan dugem-nya.  Hiks ...


Hal ini membuat saya semakin yakin bahwa ini juga 'penampakan' dari bahasa universal.

***

Siang ini nasyid dari Raihan berkumandang dari tape di kamar kami. Afyad yang berdiri di dekat saya kelihatan menikmatinya. Tak lama kemudian ia menggeleng-gelengkan kepalanya saat Raihan mengumandangkan nasyid yang iramanya menghentak!

Duh ... ini bukan musik yang dinikmati dengan gelengan kepala, Nak ...
Makassar, 5 Maret 2012
Dibaca juga: 
Soal Bahasa Inggris yang Mengagumkan

Share :

24 Komentar di "Menggeleng Itu Bahasa Universal?"

  1. Xixixixixi....lucu lucuuuu ^_____^
    Ah, kelakuan anak2 memang ada2 saja yaaaa :D

    ReplyDelete
  2. hehe...lucunya afyad ini...umurnya berapa nih mbak...?

    ReplyDelete
  3. bahasa universal...di respon dengan menggeleng kepala semua neh ceritanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menggeleng-nya yang sepertinya bahasa universal ya mbak? Koq orang di diskotek spt di sinetron2 itu geleng2 kepala gitu. Anak saya juga dengan Upin-Ipin remix juga geleng2 ... :D

      Delete
  4. Ha..ha... anakku dulu juga gitu mbak kalau dengar musik jadi angguk2 geleng2 kepalanya.... padahal aku nggak ngajarin tapi mungkin pernah liat anak tetangga ya ^^ lucu ihh :D

    ReplyDelete
  5. tapi memang otak menmerintahkan reaksi seperti itukan kalau teling mendengar suara musik, nyok geleng-geleng :p

    ReplyDelete
  6. hihihi jadinya ajeb-ajeb :D eh...

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. Dulu kalo dengar musik geleng2 kepala juga ya ? :D

      Delete
  8. ...saya dengerin musik trance atau house pakai geleng2 kepala. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu saat umur berapa thn Sop? Bukan usia 2 tahun kan? :D

      Delete
  9. Replies
    1. He he he .. namanya juga anak2, mbak Lidya :D

      Delete
  10. menggeleng adalah bahasa isyarat yang sifatnya universal. Sudah naluriah sekali. Meskipun tidak diajarkan, tapi dengan seringnya melihat akan mengerti sendiri sob.
    Pernah lihat talk show apa ya ane lupa. Yang intinya dia keliling eropa. Dia berkeliling dan singgah di beberapa tempat dan berbincang dengan pemilik rumah. Mereka berbicara ya asal ngomong aja, tapi isyarat mereka dimainkan karena satu sama lain nggak mengerti bahasa mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya .. di mana2 orang menggeleng untuk menunjukkan kata 'tidak'. Tapi kalau menggeleng2 saat mendengarkan nasyid, pernah dengar gak, mas? ..

      Delete
  11. ahahahahaha manggut manggut :D

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^