Sayur Potong


Adakah pasar di daerahmu yang pedagang sayurnya menjual sayuran yang sudah dipotong-potong? Di Pare-Pare – sebuah kotamadya yang jaraknya 155 kilometer sebelah utara Makassar ada. Tepatnya di pasar Lakessi.

Seingat suami saya yang besar di Pare-Pare, sejak hampir 30 tahun yang lalu sudah ada pedagang seperti itu di sana. Ibu-ibu yang ingin memasak sayur campuraga (campur-campur), tinggal membeli bahan-bahan sayur bening yang diinginkannya seperti nangka muda dan bayam.

Bulan Maret lalu, suami saya berkesempatan ke Pare-Pare dan berkunjung ke pasar Lakessi. Di sana ia masih mendapatkan pedagang sayur yang menjual bahan-bahan yang sudah dipotong-potong, termasuk jagung yang sudah disisir.




Seperti dalam foto-foto ini, seorang ibu pedagang sayur sedang menyisir jagung jualannya, ditunggui oleh seorang pembelinya. Sayangnya, sayuran yang sudah dipotong yang terletak di belakangnya tidak ikut terpotret.

Asyik sekali bila seandainya ada di sekitar saya yang menjual jagung tanpa tongkol, pasti saya bakal rajin memasak perkedel jagung karena bagian paling yang tidak saya sukai dalam memasak perkedel jagung adalah menyisiri jagungnya J.

Pernah melihat pedagang seperti ini, Kawan?

Makassar, 25 April 2013

Silakan juga disimak




Share :

14 Komentar di "Sayur Potong"

  1. kalau di Jakarta, seperti kagak ada mba, kalau untuk pasar khusu'a, kalau supermarket mungin banyak

    ReplyDelete
  2. malah enak dong ga ribet kudu motong motong sendiri
    persaingan usaha kali ya, makanya kasih fasilitas tambahan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di kota itu, memang sejak dulu ada yang seperti itu mas. Entah bagaimana mulainya. Tapi kalo di kota saya, tidak ada tuh yang jual sayur yang sudah dipotong2. Asyik kalo ada ...

      Delete
  3. Di sini ada sayur mentah campur2 dalam 1 bungkus plastik. sebungkus harganya 500 rupiah. Jika beli 1000 di pasar dapat 3 bungkus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyiknya kalo di sini ada yang kayak begitu mbak. Masak sayur jadi amat praktis ...

      Delete
  4. klo saya malah paling suka bagian iris2 jagung pas bikin perkadel. klo air2nya keciprat di muka bikin seger. hahahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobanya berdekatan rumah ya', beli ka' jagung baru saya bawa ke rumahnya Aci, minta dipotong2kan lalu saya masak dan bagi ke Aci ya hehehe

      Delete
  5. di Jogja banyak yg jual sayuran macam gitu, Mbak. Buat sayur asam kebanyakan. Jagung sisiran jg banyak :) Mbak saya sering beli yang gituan, praktis

    ReplyDelete
  6. Kalau jagung yang sudah dipipil sih nggak ada, yang ada sayur-sayur yang dicampur & dibungkus plastik sesuai 'kategori' seperti sayur2an untuk sayur asem/sayur sop dsb. Ternyata di swalayan di Manado nggak ada yang macam ini. Jadi harus beli kol utuh, kacang panjang seikat dsb he he

    ReplyDelete
  7. jagung muda ya mbak, kok masih bisa di sisir? di malang masih ada kok mbak yang seperti ini

    ReplyDelete
  8. aku blm pernah liat sob... tp dgn adanya penjual seperti ini kira2 memudahkan pembeli atau tdk sob?

    ReplyDelete
  9. kalau di aceh ada juga sayur potong nama sering di sebut sayur campur

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^