Hotel Tanpa Minuman Keras

Sumber: www.sofyanhotel.com
Ada hotel tanpa minuman keras? Wow. Saya excited sekali mengetahui hal ini, sekitar tahun 2000-an awal. Majalah Ummi yang saya beli waktu itu memuat tentang profil pemilik hotel – Riyanto Sofyan (kakak dari Riyanti Sofyan, ibunya artis Marshanda), dan hotel yang dikelolanya – hotel Sofyan.

Hotel Sofyan didirikan oleh Sofyan Ponda, lelaki kelahiran Agam, Sumatera Barat, 8 Juni 1930 (wafat tahun 2006). Pensiunan pegawai departemen Keuangan ini sempat berkongsi dengan Amir Rasydin Datuk Basa membangun Hotel Menteng I, II, dan III. Namun kemudian mereka pecah kongsi, dan Sofyan mendirikan Sofyan Hotel Corporation. Bersama putranya Riyanto Sofyan, ia mengembangkan Hotel Sofyan dan berhasil masuk bursa pada tahun 1989. Pada Tiga tahun kemudian  jaringan hotelnya menerapkan prinsip-prinsip syariah, dan menjadi hotel syariah pertama di Indonesia. Dengan prinsip tersebut, hotelnya tak lagi menerima pasangan tamu yang bukan muhrim, dan mengharamkan penjualan minum-minuman keras.



Filosofi hotel Sofyan. Sumber: www.sofyanhotel.com
Pengawas syariah hotel Sofyan. Sumber: www.sofyanhotel.com
Dewan komisaris hotel Sofyan. Sumber: www.sofyanhotel.com
Menjalankan sistem syariah, hotel Sofyan tidak melakukan praktik diskriminasi agama. Keunikan lain hotel syariah adalah dijamin bebas PSK, tersedia qur'an dan sajadah dalam kamar, tersedia musholla dalam hotel yang mengumandangkan azan 5 waktu, semua crew hotel berpakaian sopan, dan seleksi tamu jelas dilakukan, apakah muhrim atau tidak. Selain itu bartendernya memiliki kemampuan meracik bahan-bahan yang halal, sehat, dan memiliki manfaat serta tidak melupakan unsur taste-nya.

Sumber: www.sofyanhotel.com
Begitu seriusnya menerapkan prinsip islami, hotel Sofyan memiliki dewan pengawas syariah. Menurut saya, menjalankan prinsip syariah inilah daya tarik utama hotel Sofyan. Saat ini, pasti banyak orang yang tertarik dengan hotel yang memegang prinsip ini.

Saat ini sudah ada 7 hotel Sofyan di beberapa wilayah (Jakarta, Bogor, Padang, Lampung, Solo, dan Semarang). Alangkah baiknya bila hotel Sofyan memanfaatkan segala bentuk penyebaran informasi, termasuk melalui kerja sama online. Salah satu contohnya seperti yang digagas oleh Voucher Hotel.

QMS hotel Sofyan. Sumber: www.sofyanhotel.com
Voucher Hotel memudahkan siapa pun memesan hotel di mana pun melalui pencetan jemari pada komputer atau gadget, selama masih ada koneksi internet. Bila tak memiliki kartu kredit, bisa booking kamar via e-mail maka voucher hotel akan dikirimkan balik kepada pemesan via balasan e-mail. Print, dan bawa voucher tersebut ke hotel yang dituju saat check in. Mudah kan?

Sumber: www.sofyanhotel.com
Ada pula beberapa cara pemesanan, seperti: melalui Blackberry Messenger, WhatsApp, Yahoo Messenger, dan E-mail. Sebelumnya, bisa browsing dulu di www.voucherhotel.com. Caranya, dengan mengetikkan nama kota tujuan atau nama hotel yang dituju. Bisa dicek dulu lokasi, fasilitas, kebijakan hotel, tempat rekreasi, fasilitas bisnis, dan lain-lain.

Browsing hotel di www.voucherhotel.com
Browsing hotel di Jakarta, di www.voucherhotel.com
Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh Voucher Hotel. Keunggulan ini dapat meyakinkan calon konsumen untuk mempercayakan pemesanannya melalui Voucher Hotel. Berikut keunggulannya:
  • Murah. Harga hotel yang murah dan promo menarik, dengan diskon hingga 75% dari harga published rate hotel.
  • Lengkap. VoucherHotel.com melayani pemesanan hotel di seluruh dunia, dengan live-availability untuk lebih dari 120.000 hotel di 10.000 kota di dalam negeri (domestik) dan di luar negeri (internasional).
  • Aman. Data kartu kredit pemesan tidak disimpan, melainkan langsung diproses melalui secure payment processor internasional. Data penting dikirim melalui teknologi enkripsi mutakhir.
Melalui keunggulan ini, dikombinasikan dengan informasi hotel yang tertera di web site Voucher Hotel, dan daya tarik dari hotel Sofyan sendiri, insya Allah  bakal mendatangkan kerjasama yang “simbiosis mutualisme” di antara keduanya. Mudah-mudahan tulisan ini berhasil mencomblangkan hotel Sofyan dan Voucher Hotel J.

Makassar, 1 Oktober 2013

Referensi:

http://voucherhotel.com
http://www.sofyanhotel.com
http://id.wikipedia.org/wiki/Sofyan_Ponda
http://www.majalahfranchise.com/v2/newsflash/325-hotel-sofyan-tawarkan-peluang-kerja-sama-hotel-syariah.html
http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2010/11/24/trend-hotel-syariah-mulanya-hotel-sofyan-kemudian-marshanda-320615.html







Share :

41 Komentar di "Hotel Tanpa Minuman Keras"

  1. Ya ... konsep hotel ini patut diacungi jempol ...
    image buruk berhasil di tepis dengan cara yang bijak dan konsisten
    memberikan bukti ... bukan janji

    salam saya Bu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya om ... mudah2an ada yang mengikuti jejaknya ...

      Delete
  2. Mantep liputannya, Bu! Miris bgt ea? Apa hotel identik ama miras? Maklum, Bu.. Gue gak pernah ke hotel! Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ... biasanya kan di bar hotel ada mirasnya. Di kamar hotel juga tersedia koq, di dalam mini barnya :)

      Delete
  3. hotel atau tempat hiburan dianggap dekat dengan minuman keras dan sebagainya, sebenarnya berawal dari pandangan miring masyarakat juga.

    di jogja banyak tempat karaoke keluarga yang cuma nyediain soft drink nyatanya ya jarang kelihatan sepi. apapun itu walau melawan arus, asal dikelola baik sebenarnya bisa berkembang. pasarnya selalu ada kok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya karena yang "melawan arus" pun sebenarnya banyak peminatnya juga

      Delete
  4. Baguslah mbak kqlauvqdq hotel halal s3peeti ini semoga saja tidqk hanya minumwn keras yg tidak ada tapi perbuatanbyg menyimpang juga gak ada ya

    ReplyDelete
  5. Tidak menerima tamu pasangan yang bukan muhrim... Jarang-jarang ada hotel yang concern dengan hal ini.

    ReplyDelete
  6. Subhanallah,, mantab banget hotel yang 'berani' menerapkan sistem ini, dimana hotel2 lain justru jadi tempat pelarian untuk melakukan hal2 yang mngkin kurang bisa dikatakan sesuai syariah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mbak ... mudah2an banyak yang mengikutinya ya ... secara sebenarnya peminatnya kan banyak ...

      Delete
  7. keren yaa tantee :O
    di semarang ada hotel yg dari luar kelihatan nuansa islami, gak boleh non mahrom sekamar. tapi aku gag tau dalemnya. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin jaringan hotel Sofyan ini, Syifa kan ada juga di Semarang :)

      Delete
  8. salut dengan hotel yang berani dg konsep syariahnya bersih dari maksiat, semoga yang memiliki penuh dengan keberkahan

    ReplyDelete
  9. Di jakarta sepertinya emang baru hotel Sofyan yg menerapkan prinsip syariah tapi di luar jakarta sudah mulai banyak yg nerapinnya. Jadi agak2 bersaing juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sini malah belum dengar ada yang ini mbak Ade

      Delete
  10. wah ternyata ada yah hotel yg seperti ini..
    alhamdulillah :)

    ReplyDelete
  11. Sofyan Hotel, yaaa. hmmm, ya ya... saya pernah dengar iklannya di radio MQ. Semoga semakin banyak sektor wisata yang alert sama urusan fiqih ya, berkah buat pengunjung berkah juga buat karyawannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ya mbak ... semoga juga promosi online bisa meningkatkan kepedulian para konsumen ...

      Delete
  12. Waah ada ya hotel seperti ini, semoga semakin banyak sehingga kita bisa nyaman kalo harus nginep di hotel. apalagi yg suka traveling seperti saya

    ReplyDelete
  13. Mbak Niar semangat ikutan kontes ini ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha 2 komen terakhir mbak Ika sama ... iya mbak mumpung ada ide, ada kesempatan pula .. kenapa tidak dijajal kan ya? :)

      Delete
  14. Replies
    1. Iya . Marshanda salah satu ahli warisnya ^^

      Delete
    2. Emang Marshanda masih kerabatnya ya?
      Upss... #gagalfokus

      Delete
  15. Hotel di Makassar mesti kayak gini.. 8)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya .... mudah2an ada yang mau bikin atau jangan2 adami, kita yang ndak tahu ya ...

      Delete
  16. Bagus juga konsepnya .... two thumbs up buat hotel ini .... :)
    @ Ferdy Bookelmann

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak, konsep yang unik dan sebenarnya punya pasar lho ..

      Delete
  17. Semoga semakin banyak hotel seperti ini ya, Mak. Nice share. :)

    ReplyDelete
  18. Inovasi hotelnya bagus
    Berkonsep Islami
    Image hotel yg jelek berubah menjadi baik
    Nice info bunda
    Good luck for your GA

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^