Giveaway Azzet: Inilah Asyiknya Ngeblog

Secara nyata, saya baru aktif ngeblog selama setahun lebih. Tapi keasyikan dan manfaat yang saya peroleh sungguh luar biasa.

Mengabarkan Tentang Khazanah Daerah Saya

Kedua orangtua saya berasal dari dua provinsi berbeda di pulau Sulawesi, ngeblog membuat saya memungkinkan mengabarkan secuil yang saya tahu tentangnya kepada khalayak. Suami yang suka motret pakai HP menjadi salah satu andalan saya untuk mencari ide tulisan. Seperti saat suami melihat perayaan Cap Go Meh yang ternyata tak diadakan di semua kota di Indonesia, ia membawa pulang banyak sekali foto-foto perayaan itu dan membuat saya mempunyai ide menulis 4 tulisan:


Cap Go Meh adalah hari raya masyarakat Tionghoa dan karnaval yang diadakan setiap tahunnya ini menampilkan kekayaan budaya Tionghoa yang berbaur dengan budaya lokal. Berbagai komponen masyarakat adat/budaya di Sulawesi Selatan ikut meramaikan karnaval. Hal ini memancing saya untuk memadukan referensi hasil googling, buku pinjaman “Manusia Bugis”, dan pengetahuan suami yang lebih paham budaya Bugis untuk menghasilkan keempat tulisan itu.


Mengenai secuil pengetahuan saya tentang tanah kelahiran ibu saya – Gorontalo telah beberapa kali saya tuliskan ke dalam blog ini. Di antaranya: Kerawang Gorontalo: Dari Kain Hingga Kue Kering yang sampai sekarang masih dibaca oleh pembaca blog saya padahal sudah berbulan-bulan yang lalu saya posting. Atau mengenai kekayaan dalam meleburnya dua budaya yang saya saksikan sejak kecil, pernah saya tuliskan dalam Kagok Itu Membanggakan, tulisan ini mendapatkan apresiasi yang cukup baik dari teman-teman pembaca.

Ada hal menarik yang saya alami setelah mem-posting tulisan berjudul La Galigo Karya Sastra Terpanjang di Dunia. Tulisan itu sebenarnya merupakan review dari sebuah artikel di koran yang memaparkan fakta bahwa karya sastra terpanjang di dunia, mengalahkan Maha Bharata adalah La Galigo. Sebuah karya sastra yang disusun oleh seorang perempuan Bugis di masa lampau bernama Colliq Pujie Arung Pancana Toa.

Award dari Syam. Diriku masih menunggumu ^__^

Seorang kawan asal Sulawesi Selatan yang sedang studi di Belanda yang baru saya kenal dari jagad perblogan secara tak sengaja membaca tulisan saya dan berkomentar di dalamnya. Ia berjanji akan menyambangi museum di Leiden – Belanda, tempat manuskrip asli naskah La Galigo selama ini tersimpan. Yah, walaupun La Galigo berasal dari Sulawesi Selatan, manuskrip aslinya masih “ditahan” oleh Belanda.

Idha http://idha2908.blogspot.com/ – nama kawan tersebut memenuhi janjinya. Walaupun tak tinggal di Leiden (Ida tinggal di Groningen), ia bela-belain datang ke museum itu dan menuliskan tentang perjalanannya ke museum di kota itu yang menyimpan manuscript asli naskah La Galigo di blognya dalam tulisan berjudul Leiden;Berkunjung demi membaca (melihat) manuscript 'La Galigo'. Waaah, ini sungguh berarti bagi saya, rasa penasaran saya tentang museum dan manuscript itu lumayan terjawab saat membaca tulisan Idha!

La Galigo saat ini telah ditulis dalam bentuk novel oleh Dul Abdul Rahman. Dul Abdul Rahman adalah penulis artikel di koran yang saya review itu. Sungguh merupakan sebuah kehormatan bagi saya, ia meninggalkan komentarnya di postingan saya tentang La Galigo itu.

Selain itu saya menulis tentang beberapa tempat yang menarik di daerah saya seperti Menikmati Kelelawar, Sejarah, dan Alam Soppeng dan Merindukan Eksotisme Danau Purba Sulawesi juga Tour de Fort Rotterdam. Menyenangkan membaca komentar-komentar yang muncul yang menyatakan rasa penasaran dan ketertarikan teman-teman untuk berkunjung setelah membaca tulisan saya.

Berbagi Hal-Hal Baik

Blog, selain sebagai tempat mengekspresikan pikiran dan perasaan juga merupakan tempat untuk berbagi hal-hal baik. Seperti yang pernah saya tulis dalam Melakukan Hal Baik, Dari Balik Layar pun Bisa, ada banyak hal baik yang ternyata bisa dilakukan dari balik layar, termasuk membantu sesama. Salah satu contohnya ada di tulisan Blogging for Sharing and Caring - Sekolah Pesisir dan Mendulang Amal Melalui 63 Orang Anak.

Saya bahkan sudah membuat 13 tulisan tentang hal-hal baik yang dilakukan oleh pendiri, pengelola, penggerak yayasan Babul Jannah di dekat rumah saya. Tulisan terakhir berjudul: Keceriaan Sederhana Dalam Babul Jannah. Berharap yang saya sampaikan melalui tulisan dapat menginspirasi orang lain, minimal menimbulkan keoptimisan bahwa di sela-sela keruwetan hidup ini, masih ada seorang bapak sederhana yang mampu melakukan banyak hal baik untuk warga sekitar.

Dapat Award, Hadiah, dan Pencapaian yang Tak Disangka
Award dari Noorma. Maaf ya baru dipajang

Inilah efek samping ngeblog yang bisa bikin semangat menulis tetap terjaga: award dari sesama blogger dan hadiah-hadiah dari giveaway/kuis ataupun lomba menulis. Alhamdulillah, saya pernah mendapatkannya, ada dalam bentuk uang, flashdisk, juga buku-buku. Yang terbaru adalah buku dari Pakdhe Cholik dan blus batik lengan panjag dari mbak Nia Uly. Saat ini saya sedang menunggu kiriman permainan Monopoli – hadiah dari Syam (sedang menunggu kapan Syam ada waktu untuk main ke rumah saya. Saya memilih hadiah ini biar bisa bermain sama anak-anak), hadiah dari lomba ngeblog bertema “Manusia Pertama, Nabi Adam atau Teori Darwin”, dan buku Gado-Gado Poligami karya mbak Leyla Hana – hadiah dari kuis blognya.

Selain itu, sungguh sebuah keberuntungan yang teramat besar, lomba Book Your Blog yang saya ikuti berbuah diterbitkannya buku solo saya Lakon Fragmentaris oleh penerbit Leutika Prio (ehm, yang sudah bosan baca promosi saya tak usah baca bagian ini ya J).

Asyiknya ngeblog membuat saya bergabung di sebuah grup menulis dan berkesempatan ikut wawancara radio pada suatu sore. Yang terakhir, saya berkesempatan menambah wawasan dengan menjadi salah satu penulis partisipan pada ajang Makassar International Writers Festival bulan Juni lalu.

Pengumuman pemenang lomba blog Mama Cake (nama saya di nomor 6)

Tambahan Teman Baru dari Berbagai Pelosok

Ini yang paling penting: tambahan teman-teman baru dari berbagai pelosok. Mulai dari dalam negeri hingga luar negeri. Bergaul di jagad maya dengan teman-teman ini membuat perasaan terasa dekat. Secara tak direncanakan, saya pernah bertemu dengan Maya pemilik blog http://nurmayantizain.com. Tiba-tiba saja takdir membawanya ke rumah saya, bersama dengan seorang sahabat lama saya. Rasanya seperti sudah kenal lama dengan Maya, padahal hanya biasa berinteraksi di dunia maya dan SMS-an saja.

Dari tulisan-tulisan teman-teman blogger, kepribadian mereka bisa terbaca dan kita bisa mencocok-cocokkannya dengan diri kita. Alhamdulillah, selama ini saya “bertemu” dengan teman-teman blogger yang banyak menyebar pesan kebaikan dan menuliskan hal-hal baik. Saya membayangkan suatu saat saya ke kota lain, saya tentu punya tempat yang bisa didatangi – yaitu rumah-rumah nyata mereka!

Yah, itulah asyiknya ngeblog bagi saya, Kawan. Bagaimana denganmu?

Makassar, 22 Juli 2012

Tulisan ini diikutkan pada kontes Betapa Senangnya Ngeblog dan disponsori oleh Mahabbah.

Silakan dibaca juga:



Share :

7 Komentar di "Giveaway Azzet: Inilah Asyiknya Ngeblog"

  1. Wah, pengalaman ngeblog sebagaimana Mbak Mugniar ini tentu membuat jatuh cinta sama ngeblog neh. Ohya, artikel di atas telah saya baca dan langsung saya DAFTAR. Makasih banyak ya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mas Akhmad. Maaf baru balas komen ini, kemarin2 tidak bisa masuk, gagal terus ...

      Delete
  2. Alhamdulillah, saya juga senang bisa mengenal mbak Niar. menambah teman yang memiliki nilai positif diri akan memotivasi untuk berbuat yang sama :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak Ecky, senang juga mengenal mbak walau hanya dari dunia maya. Semoga suatu saat bisa bertemu ya. Entah saya yang ke Aceh (atau Thailand?) atau mbak yang ke Makassar. Atau kita ketemu di Jakarta. Siapa tahu? :)

      Delete
  3. wah senangnya ya mbak ngeblog setahun banyak dapat hadiah n manfaatnya...
    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mbak :)
      Terimakasih sudah mampir di sini ...

      Delete
  4. sepintas membaca tulisan mbak di blog ini....jd kagum....mudah2an bs seperti mba. mugniar.....

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^